3 Hal Terkait Masa Subur yang Wajib Diketahui Pengantin Baru!

Posted in Artikel

Pernikahan merupakan fase menyenangkan sekaligus menegangkan, apalagi untuk para perempuan. Kita para perempuan akan dihadapkan oleh hal-hal baru yang tentu saja harus dipelajari supaya tidak salah pengertian. Selain belajar membangun rumah tangga dan mengurus rumah, perempuan memiliki satu tugas ekstra nan mulia yaitu menjadi seorang Ibu.

Banyak informasi penting yang harus digali sepanjang proses tersebut. Diantaranya adalah mengetahui apa itu masa subur, cara menghitung masa subur, sampai edukasi mengenai alat pengecek kehamilan.

Para calon super moms, yuk cari tahu satu persatu mengenai hal-hal berikut!
Apa itu masa subur?
Masa subur berhubungan erat dengan siklus haid. Secara umum, masa subur adalah masa-masa di mana kehamilan mudah terjadi. Hal ini didukung dengan pengertian harfiah masa subur dari sudut pandang dokter, yaitu suatu masa dalam siklus haid perempuan di mana terdapat sel telur yang matang dan siap dibuahi sehingga bila perempuan melakukan hubungan seksual kemungkinan terjadi kehamilan dengan persentase yang besar.

Masa subur biasanya berlangsung dua minggu usai seorang perempuan haid. Artinya, 10-14 hari sebelum haid kembali terjadi. Itulah mengapa masa subur sangat erat kaitannya dengan siklus haid. Haid merupakan cara tubuh perempuan untuk melepas sel telur yang sudah matang, namun tidak dibuahi. Hal ini dikarenakan ovum akan terus memproduksi satu sel telur setiap bulannya.

Dengan mengetahui masa subur, sekiranya para calon moms harus mengetahui siklus haidnya terlebih dahulu. Apakah haid teratur? Atau haid tidak teratur? Salah satu langkah awalnya adalah dengan menghitung siklus haid, sehingga calon moms bisa mengetahui secara akurat kapan masa suburnya berlangsung sehingga persentase untuk hamil terjadi bisa lebih tinggi.

Bagaimana cara menghitung masa subur?

Kapan dimulainya siklus haid? Haid dimulai pada hari pertama saat dinding rahim meluruh dan keluar bersama darah dari vagina. Pada masa ini, sel telur akan berkembang di dalam ovarium hingga matang dan dilepaskan. Peristiwa pelepasan sel telur ini disebut dengan ovulasi.

Ovulasi biasanya terjadi sekitar 12-14 hari setelah hari pertama haid. Saat-saat sebelum sel telur dilepaskan merupakan periode emas untuk merencanakan kehamilan. Biasanya, periode emas terjadi lima hari sebelum waktu ovulasi terjadi.

Cara paling mudah untuk menghitung masa subur adalah dengan mengetahui siklus haid terlebih dahulu. Masa subur perempuan yang biasanya berkisar pada masa ovulasi bisa diperhitungkan terjadi sekitar 12-16 hari sebelum masa haid berikutnya. Artinya periode emas masa subur bisa didapatkan di hari ke-10 hingga hari ke-17 setelah hari pertama haid. Perhitungan ini berlaku untuk perempuan dengan siklus haid normal 28 hari. Untuk mereka yang memiliki siklus haid berbeda, bisa menyesuaikan dengan mempelajari dan menghitung masa subur sesuai dengan siklus haid.

Dengan melakukan penghitungan siklus haid, masa subur, dan periode emas masa subur, maka calon moms bisa merencanakan kehamilan dengan lebih akurat.

Apakah alat yang pas untuk menghitung masa subur?

Mendengar kata menghitung, pasti yang muncul di pikiran calon moms adalah angka-angka rumit yang sulit dipahami. Oleh karena itu, kini hadir sebuah aplikasi untuk membantu calon moms dalam menghitung masa subur untuk merencanakan kehamilan. Dengan aplikasi ini, calon moms dapat merencanakan kehamilan dengan lebih mudah.

Alat jitu untuk melakukan pengukuran dan pencatatan suhu basal secara akurat adalah Ovutest Femometer. Cara menggunakan Ovutest sangat mudah, cukup dengan meletakkan stick test di bawah lidah, sebelumnya bluetooth sudah dinyalakan dan disambungkan ke aplikasi dalam smartphone, maka akan terlihat hasil pengukuran suhu basal tubuh untuk mengetahui apakah tubuh dalam keadaan baik untuk masa pembuahan atau tidak.

Aplikasi Ovutest Femometer tidak hanya berperan sebagai alat tes kesuburan lewat pengukuran suhu basal, tapi juga alat untuk merencanakan kehamilan, pengamatan kehamilan tahap awal, pencatatan siklus haid, hingga alat kb alami. Dengan menggunakan Ovutest, calon moms dapat mengamati masa suburnya untuk mempersiapkan kehamilan, salah satunya pengukuran masa subur lewat suhu basal.

There are no comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart