4 Tanda Bahwa Kamu Sedang Menjalani Masa Ovulasi

Posted in Artikel

Ovulasi merupakan proses dimana sel telur yang sudah matang keluar dari ovarium menuju tuba atau falopi untuk dibuahi. Mengetahui masa ovulasi ini sangat penting bagi kamu yang ingin merencanakan kehamilan.

Dengan mengetahui masa ovulasi, kamu bisa dengan mudah menentukan kapan waktu terbaik untuk melakukan hubungan seksual. Sehingga keinginanmu untuk segera hamil dapat terwujud.

Menurut Donnica L. Moore, MD, Presiden Sapphire Women’s Health Group di Chester, New Jersey. Ovulasi yang terjadi pada wanita sehat umumnya 14 hari sebelum menstruasi. Namun hal ini bisa saja berbeda antara wanita yang satu dengan lainnya. Karenanya supaya bisa mengidentifikasi sendiri kapan tepatnya masa ovulasi kamu, kenali yuk ciri-ciri berikut!

Perubahan Lendir Serviks

Ketika masa-masa ovulasi kamu makin dekat maka tubuh akan lebih banyak menghasilkan hormon estrogen. Ini menyebabkan lendir pada serviks menjadi lebih lentur dengan warna bening layaknya putih telur. Perubahan bentuk lendir serviks ini terjadi pada sebagian besar wanita.

Kamu dapat mengujinya dengan cara memasukkan jari bersih ke dalam miss V kemudian keluarkan sebagian lendir dan rentangkan sekresi antara ibu jari kamu. Jika masih lengket dan elastis atau sangat basah dan licin itu adalah tanda bahwa kamu sedang dalam masa subur.

Payudara Jadi Lebih Sensitif

Timbulnya rasa nyeri pada payudara bisa menjadi salah satu tanda bahwa kamu tengah mengalami masa ovulasi. Selain nyeri, payudara menjadi lebih sensitif. Ini terjadi karena banyaknya hormon yang memasuki tubuh tepat sebelum dan sesudah ovulasi.

Selain pada bagian payudara, umumnya wanita juga merasakan sakit di area bawah tubuh hanya di satu sisi. Bisa juga disertai dengan rasa mual, pendarahan ringan, dan keluarnya cairan.

Indera penciuman meningkat

Memasuki masa-masa ovulasi biasanya tubuh wanita mengalami banyak perubahan. Salah satunya adalah sensitivitas yang meningkat pada beberapa organ dan indera, terutama indera penciuman. Pada wanita normal, indera penciuman yang meningkat dan lebih sensitif saat masa kedua siklus menstruasi bisa menjadi tanda-tanda ovulasi. Biasanya nih, dalam masa-masa ini tubuh akan memiliki ketertarikan yang kuat pada feromon lelaki androstenone.

Keinginan berhubungan intim meningkat

Tanda terakhir yang bisa kamu jadikan reminder bahwa ini adalah masa ovulasi, yaitu tingginya dorongan untuk melakukan hubungan seksual. Selama masa ovulasi biasanya banyak wanita yang merasa bahwa dorongan seks mereka meningkat.

Selain dengan mengenali tanda-tanda di atas, kamu juga bisa menggunakan sebuah alat bantu untuk mengetahui kapan masa ovulasi terjadi. Bisa dengan kalender kesuburan, atau yang lebih praktis menggunakan Ovutest Femometer yang terkoneksi dengan aplikasi masa subur di smartphone kamu.

Ovutest Femometer adalah sebuah alat yang bisa menjadi sahabat terpercaya kamu demi
membantu menentukan masa subur agar kehamilan impianmu terwujud. Ovutest Femometer dapat disambungkan menggunakan koneksi Bluetooth ke smartphone kamu. Namun sebelumnya kamu harus lebih dulu mengunduh aplikasi Femometer di Playstore (Android) atau Appstore (iOS).

Melalui aplikasi ini kamu bisa merekam jejak menstruasi, kalender kesuburan, gejala PMS tracker & membantu melacak ovulasi yang akurat. Hanya dengan satu aplikasi kamu bisa merencanakan kehamilan dengan matang! Bukan cuma itu, aplikasi ini juga memiliki fitur pengingat jam tidur, pemeriksaan pralahir, hingga pencatatan perkembangan kehamilan. Sangat membantu bukan? Miliki Ovutest Femometer sekarang juga dengan mengunjungi femometer.co.id.

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart