5 Cara Ampuh Agar Siklus Haid Kembali Teratur, Ladies Wajib Coba!

Posted in Artikel

Haid tidak teratur sering menjadi masalah tersendiri bagi wanita. Haid yang datang dan pergi dalam kurun waktu tak tentu ini bisa membuat wanita susah untuk melakukan program hamil. Sejatinya persoalan haid yang tidak teratur ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, bisa dikarenakan jenis makanan yang dikonsumsi, obat-obatan tertentu, stress, hingga gaya hidup yang tidak sehat.

Kemudian, bagaimana cara agar haid bisa lebih teratur? Kamu bisa memulai dengan melakukan pengubahan-pengubahan kecil dalam pola makan dan mencoba gaya hidup sehat yang bisa mempengaruhi siklus haid. Cobalah mulai sekarang menerapkan 5 cara berikut ini.

1. Istirahat cukup

Stress pikiran dan lelah fisik dapat mengacaukan siklus haid yang tadinya normal. Stress sangat berperan penting membuat haid datang lebih cepat atau lebih lambat dari seharusnya, bahkan bisa dua kali dalam sebulan.

Obat terbaik untuk mengembalikan siklus haid adalah dengan istirahat yang cukup. Tidur cukup membantu tubuh dan pikiran lebih rileks sekaligus menjaga kerja hormon pengatur menstruasi. Usahakan tidur setidaknya 7 hingga 8 jam setiap hari dan jangan tidur malam lewat dari jam 10 malam. Agar tidur semakin nyenyak, kamu bisa mematikan lampu satu jam sebelum tidur. Jauhkan semua alat elektronik dan jangan main smartphone.

2. Minum segelas air jahe hangat

Kamu bisa rutin mengkonsumsi minuman jahe yang dibuat dari jahe bubuk. Resepnya adalah dengan mencampurkan satu sendok teh jahe bubuk kering dengan segelas air hangat kemudian minum setiap pagi saat perut masih kosong.

3. Olahraga yoga

Yoga adalah salah satu jenis olahraga yang cukup efektif dalam melancarkan haid tidak teratur. Beberapa gerakan yoga bahkan bisa membantu meredakan rasa sakit saat menstruasi. Dalam penelitian yang diterbitkan oleh The Journal of Alternative and Complementary Medicine, ditemukan bahwa olahraga yoga dapat membantu mengendalikan kadar hormon yang membuat jadwal haid tidak teratur.

Manfaat ini juga dirasakan oleh peserta yang telah beryoga selama 30 hingga 40 menit selama 5 hari seminggu dalam kurun waktu 6 bulan. Kamu tidak harus melakukan yoga di gym atau fitness center kok. Saat ini sudah banyak video yoga yang bisa kamu ikuti di Youtube dan mempraktekkan di rumah. Mulailah dengan gerakan-gerakan yoga sederhana.

4. Menjaga berat badan yang ideal

Kondisi tubuh yang terlalu kurus atau terlalu gemuk dapat mengacaukan jadwal haid. Oleh sebab itu, penting bagi wanita untuk menjaga berat badan tetap ideal. Kamu bisa menjaga berat badan dengan mengkonsumsi makanan kaya serat seperti buah atau sayur dan berolahraga secara teratur. Selain membantu menurunkan berat badan, olahraga juga bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh agar kamu tidak mudah lelah.

5. Obat herbal kayu manis

Dalam pengobatan Cina, sebagai rempah-rempah kayu manis disebutkan memiliki khasiat mampu memberikan efek pemanasan dalam tubuh. Kayu manis juga memiliki kandungan hydroxychalcone, yakni senyawa aktif yang efektif dalam mengatur insulin dan membantu mengembalikan siklus menstruasi menjadi lebih teratur. Cara mengolah kayu manis relatif mudah. Kamu hanya perlu membubuhkan ½ sendok teh bubuk kayu manis dalam satu gelas susu atau teh hangat. Minumlah ramuan ini secara rutin selama beberapa minggu.

Dengan melakukan kelima hal di atas kamu tak lagi perlu merasakan sakit saat menstruasi karena siklus haid yang sudah lancar. Memiliki siklus haid yang lancar juga menjadi salah satu cara cepat hamil karena kamu bisa dengan mudah mendeteksi kapan masa subur kamu.

Kamu juga bisa mendeteksi masa subur dengan mudah menggunakan alat Ovutest Femometer. Ovutest Femometer akan menyinkronkan suhu basal tubuh ke aplikasi Femometer di smartphone kamu untuk merekam, melacak, serta memetakan suhu basal tubuh. Sehingga mempermudah kamu dalam merencanakan program kehamilan. Mau cepat hamil? Miliki Ovutest Femometer sekarang juga!

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart