5 Ciri Masa Ovulasi Telah Datang, Bunda Perlu Tahu Nih!

Posted in Artikel

Mengetahui kapan masa ovulasi itu penting bagi wanita yang ingin hamil ataupun menunda kehamilan. Ya, masa subur menjadi tanda siapnya proses pembuahan dilakukan. Bahkan, memperbesar kemungkinan terjadinya kehamilan.

Cara menghitung masa subur salah satunya dengan sistem kalender dan pengukur suhu basal tubuh. Namun, sebetulnya masa subur bisa dideteksi melalui ciri-ciri fisik yang umumnya dialami wanita. Coba cek ciri-ciri berikut, apakah sedang kamu alami? Kalau ya, siap-siap menyambut masa ovulasi!

Perut Bagian Bawah Terasa Sakit

Rasa sakit di perut bawah (sebelah kiri atau kanan) merupakan tanda pertama masa subur wanita. Biasanya, hanya berlangsung beberapa menit atau jam sehingga kamu tak perlu khawatir. Rasa sakit ini tak jarang disertai keluarnya cairan bening dan bercak kecoklatan dari vagina. Secara medis, rasa sakit ini disebut dengan sensasi Mittelschmerz. Bercak kecoklatan merupakan folikel telur yang akan melepas diri untuk menyambut pembuahan. Itu artinya, masa ovulasi telah datang.

Perut Terasa Kembung

Pernah merasa perut kembung tiba-tiba? Bisa jadi karena sedang dalam masa subur tuh, Bun. Hal itu lumrah terjadi dikarenakan ada peningkatan retensi air akibat hormon estrogen. Perut kembung bisa menghilang sendiri tanpa perlu diobati.

Mual

Bagi wanita yang sudah menikah, mual tak selalu berarti hamil. Bisa jadi, ia sedang memasuki masa ovulasi. Perhatikan kapan mual dirasakan. Mual pada masa ovulasi terjadi di tengah bulan setelah haid selesai, tapi bisa juga dialami pada masa PMS.

Lebih Sensitif

Sensitif bukan hanya soal tingkat emosional yang disebabkan hormon, tapi juga dari segi indera. Wanita seringkali mengalami kenaikan sensitivitas indera penciuman sehingga bisa mencium bebauan macam-macam. Dengan catatan, tanda ini terjadi setelah siklus menstruasi berakhir.

Munculnya Cairan Sewarna Putih Telur

Pada masa ovulasi, vagina akan mengeluarkan cairan yang serupa putih telur. Cairan ini berwarna cenderung bening dan diproduksi untuk mempermudah gerakan sperma di dalam rahim. Seketika kamu melihat cairan ini muncul maka saat yang tepat untuk mendekati pasangan. Tapi, hanya kalau kamu menginginkan kehamilan ya karena di masa ini proses pembuahan akan maksimal.

Banyak mungkin dari kamu yang tak begitu sadar sedang dalam masa subur dan butuh pengingat. Menghitung dengan kalender kesuburan bisa kamu lakukan, tapi cenderung mudah terlewatkan terutama bila aktivitas mu padat. Karena itu, kamu perlu alat atau aplikasi penghitung kesuburan yang senantiasa menjadi pengingat mu menjelang masa subur. Selain itu, alat tes yang tepat akan memberikan kepastian kapan datangnya hari ovulasi.

Ovutest Femometer merupakan alat pendeteksi masa subur yang berbentuk seperti termometer. Femometer disertai mobile aplikasi ovutest yang berfungsi membantu mu cek masa subur melalui suhu basal tubuh.

Cara menggunakan ovutest ini pun mudah, yang penting dilakukan sesaat sebelum beranjak dari tempat tidur saat bangun di pagi hari. Ini penting, Bunda, sebab saat tidur suhu basal tubuh mencapai titik terendah, yang akan mudah berubah ketika bangun dan banyak bergerak. Letakkan Femometer di bawah lidah dan tunggu beberapa menit sampai bunyi 3 kali. Praktis kan?

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart