6 Jenis Makanan yang Perlu Dikonsumsi Agar Cepat Hamil

Posted in Artikel

Genetik dan kondisi tubuh menjadi faktor utama dalam menentukan kehamilan seorang wanita. Namun selain faktor tersebut makanan juga memiliki peranan penting agar kesehatan sel telur wanita stabil sehingga kehamilan yang diinginkan cepat terwujud.
Karenanya, saat promil (program hamil), Anda harus menjaga asupan makanan tertentu. Mengkonsumsi makanan sehat dengan nutrisi seimbang saat promil dapat membantu menurunkan tingkat stress. Stress inilah yang sering menjadi penyebab kegagalan promil seorang wanita.

Jika Anda kini tengah mempersiapkan program hamil dan ingin segera menimang momongan, sebaiknya mulai sekarang banyak mengkonsumsi 5 jenis makanan berikut ini.

Produk susu dan turunannya

Susu diketahui merupakan makanan yang baik dikonsumsi jika Anda ingin hamil. Susu dan jenis makanan turunannya seperti keju, yoghurt, dan smoothie baik untuk kesehatan tulang dan organ reproduksi calon ibu hamil. Dilansir Everyday Health, sebuah penelitian menyebutkan bahwa wanita yang memiliki masalah ovulasi akan mendapat manfaat positif saat mengkonsumsi susu full-fat setiap hari.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan adalah makanan ajaib yang dapat membantu meningkatkan kesuburan pada wanita. Para peneliti di Harvard School of Public Health mengamati hampir 19.000 perawat wanita yang secara aktif sedang menjalani program hamil, dan menemukan fakta bahwa 39% kasus ketidaksuburan ditemukan pada wanita yang mengkonsumsi protein hewani. Sementara wanita yang banyak mengkonsumsi protein nabati memiliki kemungkinan cepat hamil lebih tinggi. Jadi mulai sekarang Anda rajin-rajin ya mengkonsumsi protein nabati seperti kacang garbanzo, tahu, edamame, dan kacang-kacangan!

Sayuran berwarna hijau gelap

Bayam, romaine, arugula, brokoli, dan sayuran berwarna hijau gelap lainnya kaya akan folat dan vitamin B. Banyak penelitian menyebutkan jika folat dipercaya mampu meningkatkan ovulasi. Pria yang mengkonsumsi folat, sel spermanya akan lebih sehat sehingga mempercepat potensi kehamilan. Folat juga dapat mengurangi potensi keguguran atau masalah genetik pada bayi.

Roti gandum

Karbohidrat kompleks membutuhkan waktu lebih lama daripada karbohidrat halus untuk dicerna sehingga dapat membantu menjaga gula darah dan kadar insulin lebih stabil. Lantas apa hubungannya dengan kehamilan? Peningkatan kadar insulin dapat mengganggu hormon reproduksi. Sebuah penelitian di Belanda yang meneliti 165 pasangan yang berusaha untuk hamil menemukan bahwa ketika wanita memiliki kadar gula darah yang tinggi, mereka hanya memiliki kesempatan 50% untuk hamil. Saat menjalani promil, pilihlah untuk mengkonsumsi karbohidrat komplek seperti roti gandum dengan warna yang lebih gelap, nasi merah, dan pasta gandum.

Salmon

Ikan air dingin ini kaya akan asam lemak omega-3, yang dapat membantu mengatur hormon reproduksi dan meningkatkan aliran darah ke organ reproduksi. Salmon juga lebih rendah merkuri daripada ikan berlemak lainnya. Anda bisa menemukan salmon di swalayan atau toko pasar ikan. Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat memperingatkan bahwa wanita yang sedang promil sebaiknya menghindari konsumsi ikan hiu, ikan pedang, dan tilefish. Selain salmon, Anda bisa mendapatkan kandungan 1.000 – 2.000 mg lemak omega-3 sehari dengan mengkonsumsi 2 sendok makan kacang kenari atau 2 sendok makan biji rami dan biji chia.

Asam Folat

Erin Palinski-Wade, RD, penulis The Belly Fat Diet mengungkapkan jika Anda ingin segera hamil dalam waktu dekat sebaiknya memastikan untuk menambahkan asam folat sebagai menu diet harian. Asam folat ini dapat ditemukan dalam suplemen, dan vitamin prenatal. Selain itu, asam folat juga bisa ditemukan dalam biji-bijian, jeruk, dan sayuran. Setidaknya penuhi asupan asam folat 400-600 mg per hari selama promil.

Selain mengkonsumsi makanan di atas, Anda bisa merencanakan program hamil dengan alat Ovutest Femometer. Ovutest ini bekerja secara digital, dapat disambungkan melalui smartphone dengan aplikasi Femometer.

Ovutest Femometer ini bukan hanya alat pengecek kehamilan tapi juga memiliki fungsi untuk melacak masa subur melalui pengukuran suhu basal. Tujuannya untuk memprediksi kapan terjadinya ovulasi. Selain itu, Femometer juga dapat digunakan sebagai alat untuk menghitung maa kehamilan. Hadirnya Femometer membuat prediksi tentang menstruasi, ovulasi & hari-hari subur menjadi akurat. Jadi, Anda yang sedang merencanakan promil dapat menjadikan Ovutest Femometer sebagai teman kesuburan yang bisa diandalkan.

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart