Cek Masa Subur dan Kehamilan dengan Femometer

Posted in Artikel

Setiap pasangan pengantin baru yang ingin hamil, wajib mengetahui masa suburnya. Fase ini sangat penting diperhatikan oleh pasutri, karena membuka peluang untuk bisa hamil secepatnya. Untuk menghitung masa subur, wanita umumnya mengandalkan rumus di kalender. Tetapi, untuk perhitungan yang lebih mudah dan akurat, sekarang telah hadir Ovutest.

Cek Masa Subur Wanita

Seperti apa masa subur wanita itu? Prosesnya terjadi di dalam rahim dan pada saat itu sel telur yang sudah matang mulai dilepaskan (masa ovulasi), tepatnya yaitu pada hari ke-14 setelah pertama haid. Misalnya Anda mengalami haid pertama pada tanggal 1 april 2019. Itu artinya, masa subur Anda sekitar tanggal 15 April 2019.

Namun, pada periode 10-15 April, yakni 4-5 menjelang ovulasi, sangat kecil kemungkinannya untuk sel sperma membuahi sel telur. Oleh karena itu, pada hari ovulasi berlangsung, disarankan untuk berhubungan badan (seks) 3-4 kali dalam kurun waktu satu minggu atau dalam periode 10-15 April.

Hal tersebut memiliki alasan tersendiri, yaitu ovulasi bisa saja bergeser atau berubah akibat aktivitas sehari-hari, seperti olahraga atau gangguan kesehatan mental, seperti stress.

Daripada bingung menghitung masa subur dengan rumus perhitungan kalender, Anda bisa menggunakan alat tes kesuburan digital yang mudah, praktis, dan hasilnya sangat akurat. Salah satunya yaitu Ovutest yang sudah banyak ditemukan di pasaran.

Ovutest

Teknologi mutakhir yang satu ini berupa mikroskop yang mampu mengidentifikasi perubahan hormon kesuburan melalui air urine. Jika dilihatnya hormon kesuburan (LH) ternyata rendah, berarti belum masuk pada masa subur. Tetapi, jika kadar LH tinggi, artinya sudah masuk pada masa subur.

Untuk cara menggunakan ovutest ini cukup mudah dan praktis. Bahkan, di luar kemasan box sudah ada cara atau langkah-langkah penggunaan yang tepat dan benar. seperti berikut ini:

  1. Ambil stick test dan masukkan ke alat baca hingga muncul simbol berupa tanda air
  2. Celupkan stick test ke dalam air urine, kurang lebih 10 detik saja
  3. Tutup kembali test stick dan letakkan pada permukaan datar hingga terlihat hasilnya (jika YES, berarti sedang masa subur. Sedangkan, jika tulisan NO yang muncul, berarti Anda sedang tidak dalam masa subur).
  4. Catatan: Untuk melihat hasilnya, Anda harus menunggu sekurang-kurangnya tiga menitan.
  5. Menggunakan alat ini bisa kapan saja, dengan urin antara pukul 11.00-20.00. Tetapi, sore hari adalah waktu yang paling tepat menurut sebagian para ahli.

Tips Cara Cepat Hamil

Mungkin tidak semua orang mengetahui hal ini, karena menurutnya hal tersebut mudah saja dan tidak memerlukan tips apapun. Tapi berbeda dengan pendapat kami, mengetahui tips cara cepat hamil dapat dengan tepat kapan seharusnya Anda bisa menghadapi masa kehamilan.

Sedikit saja bahkan secara singkat akan kami jelaskan di bawah ini bagaimana tips tersebut:

  1. Tidak menggunakan alat kontrasepsi
  2. Periksakan kondisi kesehatan Anda
  3. Ketahuilah kapan masa subur Anda
  4. Hindari stress
  5. Lakukan pola hidup sehat

Femometer

Alat ini bisa melacak siklus haid perempuan dan mengukur suhu basal tubuh, sehingga masa ovulasi bisa diprediksi dengan tepat dan akurat.

Sebelum menggunakan alat ini, Anda harus memiliki aplikasi pengecekan kesuburan yang bisa didownload di PlayStore, search: Femometer. Sinkronisasikan aplikasi dan femometer melalui Bluetooth.

Cara Menggunakan Femometer

  1. Letakkan ujung femometer di bawah lidah. Setelah terdengar bunyi “beep” 3 kali, berarti BBT sudah direkam
  2. Sebelum meletakkan di bawah lidah, buka aplikasinya dan aktifkan bluetooth, maka secara otomatis kadar BBT akan diterima oleh aplikasi di ponsel Anda
  3. Lihat hasilnya melalui sistem algoritma pada aplikasi
  4. Untuk mengetahui cara kerja dan hasilnya seperti apa, Anda bisa membaca petunjuk penggunaan yang dilampirkan berupa kertas kecil yang ada di dalam kemasan.

There are no comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart