Mengenal Gangguan PCOS Pada Wanita dan Apa Pengaruhnya Terhadap Kehamilan?

Posted in Artikel

PCOS atau Polycystic Ovary Syndrome merupakan sebuah kelainan hormon yang sangat umum terjadi pada wanita, terutama pada wanita yang memasuki usia reproduksi aktif.

Jika kamu salah satu pengguna aktif Instagram, beberapa waktu lalu Fitri Tropica sempat menceritakan pengalamannya mengidap PCOS dalam akun Instagram pribadinya. PCOS inilah yang disinyalir membuat kehamilannya tertunda.

Umumnya wanita dengan PCOS akan memiliki periode haid yang berkepanjangan atau malah jarang sekali, yang pasti siklus haid mereka jadi tidak lancar.

Sayangnya, hingga saat ini dunia medis belum bisa menyebutkan dengan pasti apa penyebab dari PCOS itu sendiri. Namun gejala dari sindrom ini sudah bisa dideteksi. Ladies, sebagai wanita kamu harus tahu apa saja gejala dari PCOS berikut ini!

1. Rambut Rontok

Salah satu masalah yang paling sering dialami oleh wanita pengidap PCOS adalah rambut rontok. Wanita dengan PCOS ini akan lebih mudah mengalami penipisan rambut terutama saat memasuki usia paruh baya. Mulanya kerontokan rambut ini akan terjadi secara perlahan, dimulai dengan rambut rapuh, bercabang hingga rontok dalam jumlah banyak.

2. Perubahan berat badan yang drastis

Hampir sebagian besar wanita pengidap PCOS memiliki keluhan dengan berat badan. Ada yang mengalami keluhan kenaikan berat badan atau ada yang merasa kesulitan menurunkan berat badan. Semua ini tergantung dari kondisi tubuh masing-masing wanita yang tentunya berbeda satu sama lain. Kamu yang ingin mengembalikan berat badan ke angka yang ideal sebaiknya melakukan pola hidup sehat dan konsultasi lebih dulu dengan ahli gizi.

3. Sulit tidur dan sering merasa lelah sepanjang waktu

Gangguan tidur bisa juga menjadi salah satu gejala PCOS yang perlu diwaspadai. Perhatikan lagi apakah kamu sering mengalami sulit tidur atau kerap merasa lelah meski sudah tidur dalam waktu yang cukup?

Jika memang iya dan juga diikuti oleh gejala lainnya seperti sakit kepala yang diakibatkan oleh adanya perubahan kadar hormon, bisa jadi itu akibat adanya PCOS.

4. Tumbuh rambut di area yang tidak wajar

Kondisi ini kerap disebut sebagai hirsutisme. Pengidap hirsutisme biasanya memiliki pertumbuhan rambut yang tidak terduga. Tumbuhnya rambut ini biasanya ada di wajah, perut, dagu, payudara, dan jari-jari kaki. Kondisi ini bisa disebabkan oleh adanya peningkatan kadar hormon laki-laki pada tubuh wanita.

5. Muncul jerawat

Karena sindrom ini disebabkan oleh hormon, wanita yang mengidap PCOS juga akan mengalami masalah kulit. Salah satunya adalah kulit yang jadi mudah berjerawat dan berminyak. Namun tanda ini jangan dijadikan sebagai penentu utama ya! Karena tidak selamanya kulit berminyak dan munculnya jerawat semata karena sindrom ini.

Jika menemukan beberapa gejala di atas, apakah wanita pengidap PCOS bisa hamil? Jawabannya, tentu saja bisa! Fitri Tropica adalah salah satu contoh wanita pejuang PCOS yang sudah sejak lama ingin hamil kemudian berhasil mendapatkan momongan. Memang perjuangan wanita penderita PCOS untuk bisa hamil bukanlah hal yang mudah.

Kamu harus mulai menerapkan pola hidup sehat, dengan cara mengatur pola makan, mengurangi konsumsi gula atau kopi, tidur di bawah jam 10 malam, dan yang terpenting mengenali masa subur. Wanita PCOS tidak memiliki masa subur yang rutin sehingga saat kamu ingin hamil, wajib mengetahui kapan masa subur kamu. Mengetahui masa subur saat ini bisa dilakukan dengan cara yang lebih canggih, yaitu menggunakan aplikasi Femometer yang disambungkan melalui bluetooth menggunakan Ovutest Femometer. Sebuah termometer cerdas yang mampu melacak siklus para wanita.

Ovutest Femometer dibuat dengan teknologi mutakhir yang bisa melacak waktu subur kamu berdasarkan suhu basal tubuh kemudian menterjemahkan ke dalam data yang mudah dimengerti. Tingkat akurasinya juga sangat tinggi yaitu ±0.05°C. Jadi, untuk kamu yang tengah berjuang dengan PCOS, jangan patah semangat ya! Dengan bantuan Ovutest Femometer kamu bisa lebih cepat mendapatkan momongan!

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart