Menghitung Masa Subur, Cara Cepat Hamil yang Alami

Posted in Artikel

Mengetahui masa ovulasi adalah salah satu cara cepat hamil dan bisa diprediksi secara tepat. Peluang besar untuk hamil terjadi pada saat masa subur dan ovulasi yang terjadi sekali setiap bulan. Mari mengenal lebih jauh tentang masa subur lewat penjelasan berikut ini.

Apa itu Masa Subur?

Masa subur pada wanita adalah masa ovulasi. Masa subur terjadi pada hari ke-10 setelah hari pertama menstruasi hingga hari ke-17. Hari ovulasi biasanya terjadi satu hari sebelum hari terakhir masa subur. Pada umumnya, masa ovulasi terjadi 12-14 hari sebelum menstruasi. Potensi hamil sangat besar di masa ini apabila kamu ingin memiliki buah hati.

Apa itu ovulasi? Masa ovulasi terjadi saat ovarium melepaskan sel telur yang siap dibuahi oleh sperma. Jika sel telur berhasil dibuahi, wanita berpotensi hamil. Sebaliknya, jika tidak berhasil dibuahi, sel telur akan mati dan terjadi menstruasi.

Sel telur hanya bisa bertahan hidup satu hari, sedangkan sperma bisa bertahan hingga 3 hari. Oleh sebab itu, manfaatkan masa ovulasi sebaik mungkin jika ingin hamil.

Namun, bagi pasangan yang belum siap memiliki anak juga sebaiknya menghindari hubungan seksual di masa-masa subur. Maka itu, penting mengetahui kapan tiba masa ovulasimu secara akurat.

Untuk mengetahui masa ovulasi, kamu bisa memperkirakan masa subur dengan kalender kesuburan. Perlu diingat, masa subur biasanya terjadi pada 4-5 hari sebelum ovulasi. Masa subur juga mungkin saja berlangsung sehari sebelum atau saat ovulasi.

Jangka waktu sekitar 1 minggu lebih tersebut merupakan masa-masa paling subur wanita. Jadi, kamu dan pasangan perlu antisipasi sebelum masa ovulasi terjadi.

Menghitung Masa Subur, Cara Cepat Hamil yang Cukup Efektif

Seperti yang disebutkan, salah satu cara cepat hamil adalah menghitung masa subur. Jadi, jika kamu sudah tahu kapan masa subur mu datang, lakukan hubungan seksual pada 2-3 hari sebelum sel telur dilepaskan. Bisa juga lakukan hubungan pada 12-24 jam setelah ovulasi.

Sekarang ada cara canggih untuk menghitung masa subur dan mencatat siklus menstruasimu. Nama alat penghitung masa subur itu adalah Ovutest Femometer. Alat ini bekerja sebagai pendeteksi masa subur melalui suhu basal tubuh. Dibandingkan beberapa cara menghitung masa subur yang ada, mengukur suhu basal tubuh lebih efektif.

Suhu basal hanya bisa diukur akurat saat kamu bangun tidur, tepatnya sebelum beranjak bangun di pagi hari. Dengan aplikasi Femometer yang bisa diunduh di Google Play dan App Store, masa subur mu akan dianalisis lebih jauh. Selain itu, fitur dalam aplikasi ini bisa mencatat siklus menstruasi mu dan menyimpannya di cloud. Jadi, sudah tak perlu lagi mencoret-coret kalender menstruasi.

Bagaimana, sudah siap merencanakan kehamilan dengan lebih efektif?

There are no comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart