Penyebab Sakit Saat Menstruasi dan Cara Mengatasinya

Posted in Artikel

Banyak dari kita yang mungkin terganggu dengan efek yang ditimbulkan oleh tamu istimewa yang selalu datang setiap bulan. Kita sering menyebutnya dengan dismenore atau rasa nyeri yang disebabkan kram perut bagian bawah. Ini biasanya terjadi saat kita sedang menstruasi atau haid. Namun ini tidak bisa dianggap sepele.

Sakit saat menstruasi yang dialami tiap orang berbeda-beda intensitasnya. Ada yang ringan, ada juga yang sampai masuk kategori bahaya. Untuk nyeri saat menstruasi yang sudah sangat parah, ada baiknya untuk segera memeriksakan hal tersebut ke dokter. Sementara untuk yang ringan, masih bisa ditangani dengan cara yang mudah.

Penyebab Sakit Saat Menstruasi

Ada beberapa hal yang menyebabkan nyeri saat haid sering membuat aktivitas kita jadi terganggu. Hal tersebut juga bisa dipengaruhi oleh pola makan, stres, olahraga, dan diet yang kita lakukan. Beberapa penyebab lainnya seperti:

Kontraksi Pada Dinding Rahim

Sebenarnya dinding rahim kita mengalami kontraksi setiap saat. Hanya saja kita tidak begitu merasakannya sebelum menstruasi. Sebab kontraksi tersebut berlangsung dengan sangat lembut. Tapi kontraksi tersebut bisa memberikan rasa nyeri ketika haid dimulai. Terutama ketika fase pertama menstruasi.

Itu karena pada saat itu di dalam rahim kita sedang terjadi proses peluruhan dinding rahim yang menebal. Tidak adanya pembuahan sel telur membuat dinding rahim luruh dan berubah menjadi darah menstruasi.

Adanya Penyakit Lain

Rasa nyeri ketika haid tak selalu karena proses peluruhan dinding rahim. Sensasi sakit itu juga bisa disebabkan oleh beberapa penyakit tertentu. Umumnya nyeri haid (dismenore) terbagi jadi dua kategori, primer dan sekunder. Efek nyeri saat awal masa menstruasi itu bisa digolongkan sebagai dismenore primer. Sementara dismenore sekunder lebih kepada gangguan yang terjadi pada organ reproduksi.

Penggunaan Intrauterine device (IUD) atau dikenal juga sebagai alat kontrasepsi, bisa menjadi salah satu penyebab nyeri saat haid. Terutama pada awal pemasangan. Karena letaknya yang disimpan di dalam rahim.

Penyakit seperti radang panggul pun bisa menyebabkan rasa sakit saat menstruasi. Itu karena adanya peradangan atau infeksi yang terjadi pada rahim, ovarium, dan tuba falopi. Penyakit lainnya yang juga sering terjadi adalah Stenosis leher rahim, yaitu kondisi di mana bukaan rahim sangat kecil sehingga menghambat darah untuk keluar.

Cara Mengatasi Sakit Saat Menstruasi

Ada beberapa cara mudah yang bahkan bisa kamu lakukan sendiri di rumah untuk mengatasi nyeri saat haid. Untuk cara yang lebih praktis, kamu bisa siapkan botol yang sudah terisi air hangat. Lalu letakkan pada bagian perut yang terasa sakit.

Kamu juga bisa mengompres perut bagian bawah dengan handuk kecil yang sudah dibasahi dengan air hangat terlebih dahulu. Air hangat akan membantu otot-otot di sekitar sumber rasa nyeri agar lebih rileks dan rasa sakit segera hilang.

Ketika haid, tubuh kita mengeluarkan banyak cairan. Untuk mengimbanginya, disarankan untuk banyak minum air putih hangat. Ini juga sekaligus membantu mengurangi efek nyeri yang dialami.

Mengetahui Siklus Menstruasi

Mengetahui siklus menstruasi sangat penting dilakukan. Salah satu manfaatnya adalah kita bisa lebih siap ketika akan haid. Sehingga rutinitas harian tak akan terganggu. Bahkan sekarang kita bisa dengan lebih mudah mengetahui siklus haid dan lain-lain. Kita bisa memanfaatkan Ovutest Femometer.

Alat ini bisa terhubung ke smartphone menggunakan Bluetooth. Dengan mengukur suhu basal tubuh, aplikasi Femometer bisa menunjukkan kita siklus menstruasi, masa subur, dan lain-lain. Semua data tersedia dengan sangat baik dan mudah untuk kita pahami.

Ovutest Femometer ini bisa kamu dapatkan secara online melalui situs resmi Femometer Indonesia. Cara penggunaannya sangat mudah. Hanya perlu menunggu beberapa saat dan hasilnya langsung bisa diketahui melalui aplikasi.

There are no comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart