Tips Merencanakan Kehamilan dengan Baik

Posted in Artikel

Bagi sebagian pasangan yang sudah menikah, kehamilan menjadi salah satu hal penting yang menjadi perhatian calon Bunda dan Ayah. Dalam merencanakan kehamilan tersebut, para calon Bunda dan Ayah sebaiknya tahu beberapa hal ini:

  • Pastikan bahwa calon Bunda dan Ayah mulai memperbaiki pola hidup agar lebih sehat lagi. Ini menjadi hal penting karena pola hidup sehat mampu membantu organ reproduksi bisa bekerja secara optimal.
    • Dari segi makanan, para calon Bunda dan Ayah sangat dianjurkan untuk:
      • Memperbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan yang segar, kaya antioksidan dan fitokimia untuk membantu menghilangkan radikal bebas. Hindari mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran kaleng ya calon Bunda dan Ayah.
      • Mengkonsumsi karbohidrat kompleks, memperhatikan asupan kalsium dan asam folat agar terpenuhi dengan baik, mengkonsumsi protein yang tentunya diolah dengan cara yang sehat. Hindari mengolah protein dengan menggoreng. Cukup diolah dengan dipanggang atau direbus agar kandungan protein yang ada tetap sehat dan tidak tinggi lemak.
    • Membiasakan diri dengan berolahraga cukup, mengurangi begadang di malam hari sehingga waktu istirahat dapat terpenuhi dengan baik, tidak merokok, membatasi konsumsi minuman yang mengandung kafein juga alkohol.
    • Bersedia untuk cek kesehatan guna mendeteksi apakah ada penyakit yang bisa mempengaruhi proses terjadinya kehamilan. Penting bagi para calon Bunda dan Ayah untuk melakukan hal ini agar perencanaan kehamilan bisa berjalan dengan baik. Dan tentunya, para calon Bunda dan Ayah langsung bisa mengantisipasi jika memang ada masalah kesehatan yang sedang dialami.
  • Memperhatikan kapan waktu subur terjadi. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh calon Bunda dan Ayah untuk memprediksi kapan masa subur itu terjadi. Pertama, mengetahui siklus menstruasi calon Bunda. Dengan begitu, calon Bunda dan Ayah bisa mengetahui siklus menstruasi yang dialami apakah normal atau tidak. Jika normal, calon Bunda dan Ayah bisa langsung memprediksi masa subur itu kapan terjadi dan meningkatkan intensitas untuk berhubungan. Dalam memprediksi masa subur itu, para calon Bunda dan Ayah juga perlu tahu tanda-tanda terjadinya ovulasi. Salah satunya, mengetahui adanya peningkatan suhu basal tubuh. Suhu basal tubuh ini bisa diukur pada saat pagi hari, setelah bangun tidur, sebelum calon Bunda menjalankan aktivitas kesehariannya. Mula-mula suhu normal tubuh manusia ini berada di angka 35,5-36 derajat celcius. Ketika ovulasi itu terjadi, suhu tubuh akan turun lalu meningkat menjadi 37-38 derajat. Ketika keesokan hari di saat calon Bunda mengukur suhu tubuhnya kembali dengan besaran suhu tidak pada kondisi normal, kondisi itulah yang dinamakan dengan masa subur. Susah-susah gampang ya calon Bunda dan Ayah jika belum terbiasa dengan hal ini.

Tenang, calon Bunda dan Ayah tidak perlu khawatir akan kesulitan untuk memahami hal tersebut karena calon Bunda dan Ayah bisa memanfaatkan alat bernama femometer. Femometer ini membantu calon Bunda mengetahui perubahan suhu basal yang terjadi apakah mengalami peningkatan atau tidak. Caranya mudah, cukup dengan nyalakan bluetooth handphone calon Bunda, letakkan femometer di bawah lidah sampai berbunyi 3 kali beep. Pastikan femometer calon Bunda diletakkan tidak jauh dari handphone ya. Setelah data terupload dengan baik, calon Bunda dan Ayah bisa mengetahui segala informasi terkait hasil pengukuran suhu tadi. Tidak hanya sekedar informasi tentang masa subur saja, calon Bunda dan Ayah juga bisa mengetahui informasi lain seputar kehamilan dengan lebih lengkap. Yup, jadi calon Bunda dan Ayah tidak perlu khawatir lagi bukan dengan kebingungan tentang perencanaan kehamilan ini. Cukup dengan Femometer, unduh aplikasinya di Play Store atau App Store, nyalakan Bluetooth, lakukan pengukuran suhu basal tubuh, upload data, langsung muncul segala informasi yang dibutuhkan!

Meta desk : Dengan mengetahui masa ovulasi dan penerapan pola hidup sehat, bisa membantu dalam melancarkan proses perencanaan untuk kehamilan kita, berikut informasinya.

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart